CHAPTER 1: Pentingnya Mempromosikan Website
Di era modern ini, dunia bisnis mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan yang dirasakan sekarang adalah maraknya praktik digital marketing yang diterapkan oleh brand-brand atau perusahaan dengan memanfaatkan berbagai macam media yang ada di Internet, salah satunya adalah website. Mempunyai website merupakan sebuah langkah besar untuk memperlihatkan bisnis Anda. Disini, Website berguna untuk memberikan informasi, mengedukasi, dan juga sarana dalam menyampaikan pesan secara detail kepada para audience . Namun, para audience tidak akan mengunjungi website Anda tanpa adanya promosi. Promosi website yang cerdas dan efisien diperlukan untuk pertumbuhan dan high returns bisnis Anda. Kenapa promosi? Seberapa pentingnya promosi untuk website Anda?
Berikut adalah beberapa alasan untuk mempromosikan website Anda.
Setelah Anda melihat fitur pendukung untuk website Anda, ini adalah waktu yang tepat untuk Anda
mempromosikan website Anda. Apa yang bisa Anda lakukan dengan waktu 15 Menit untuk website
Anda? Anda bisa melakukan taktik berikut ini untuk mencobanya.
Custom Mailer
Manfaatkan database email customer untuk mempromosikan website Anda. Gunakan email untuk mengirim pemberitahuan berupa direct mail atau flyer seputar website Anda. Tipsnya adalah Anda bisa menyertakan diskon kecil untuk mendorong terjadinya repeat purchase yang bisa dipakai di website Anda. Dalam penulisan pesan ini, Anda harus membuat customer Anda merasa bagian dari bisnis Anda dan mendapatkan penawaran eksklusif.
Brosur
Di era digital marketing seperti sekarang ini, penggunaan brosur pastinya akan terasa kuno. Tetapi, siapa sangka bahwa brosur malah dapat membantu promosi website Anda. Jika Anda memiliki bisnis penjualan produk fisik dan memanfaatkan sistem shipping di dalamnya, Anda dapat menggunakan brosur untuk mengumumkan peluncuran website Anda. Ketika mengirimkan produk fisik Anda, selipkan brosur atau iklan lain yang menginformasikan tentang adanya website Anda di dalam kotak atau di produk yang dibeli oleh customer Anda. Tips: Jika website baru Anda adalah termasuk jenis e-commerce , yang berarti orang dapat melakukan pembelian melalui website Anda, Anda dapat memberikan diskon untuk mendorong repeat purchase .
Chapter 5: Praktikkan!
Sekarang, Anda telah mengetahui fitur pendukung dan bagaimana cara mempromosikan website baru Anda. Praktikkan langsung pengetahuan yang Anda dapat dari artikel ini. Anda sudah mendapat ide bukan? Mungkin awalnya tidak berjalan mulus. Tetapi dengan terus berusaha dan mau belajar, Anda akan mendapatkan hasil akhir yang memuaskan!
Selamat mencoba!
Di era modern ini, dunia bisnis mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan yang dirasakan sekarang adalah maraknya praktik digital marketing yang diterapkan oleh brand-brand atau perusahaan dengan memanfaatkan berbagai macam media yang ada di Internet, salah satunya adalah website. Mempunyai website merupakan sebuah langkah besar untuk memperlihatkan bisnis Anda. Disini, Website berguna untuk memberikan informasi, mengedukasi, dan juga sarana dalam menyampaikan pesan secara detail kepada para audience . Namun, para audience tidak akan mengunjungi website Anda tanpa adanya promosi. Promosi website yang cerdas dan efisien diperlukan untuk pertumbuhan dan high returns bisnis Anda. Kenapa promosi? Seberapa pentingnya promosi untuk website Anda?
Berikut adalah beberapa alasan untuk mempromosikan website Anda.
- Meningkatkan Brand Awareness Brand awareness adalah kemampuan customer dalam mengenali atau mengingat sebuah brand. Dengan menggunakan website Anda sendiri, Anda dapat mempunyai ruang khusus untuk menyajikan informasi rinci yang membantu Anda dalam memperkenalkan bisnis Anda. Apabila Anda memiliki produk atau jasa yang ditawarkan, hal ini memungkinkan customer Anda untuk melakukan repeat purchase.
- Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan Website akan membuat bisnis Anda terlihat lebih profesional dan modern. Tak sedikit calon customer yang kurang yakin dengan bisnis Anda apabila Anda hanya menggunakan media sosial dan marketplace. Namun, dengan website bisnis Anda akan lebih dipercaya karena adanya jaminan keamanan informasi dan data. Tips: Anda dapat menggunakan domain dan SSL / HTTPS untuk meyakinkan customer.
- Memperluas Market Hampir semua orang di dunia ini pasti menggunakan internet. Dengan merambah ke pasar online menggunakan website, Anda dapat menjangkau market yang lebih luas karena tidak berfokus pada satu wilayah saja seperti pasar offline biasanya. Anda dapat menjangkau market bahkan sampai ke luar negeri!
- Mempermudah Penyebaran Informasi Anda dengan mudah dapat menambahkan informasi yang lebih mendetail tentang bisnis Anda tanpa harus membuat papan reklame. Website memberikan Anda keleluasaan untuk menginformasikan apapun dan yang terpenting Anda mengubah informasi tersebut apabila terdapat kesalahan.
- Akses 24 Jam Customer dapat mengunjungi website Anda kapanpun dan dimanapun selama terkoneksi dengan internet. Anda tidak memerlukan operational hours untuk website Anda sehingga customer bebas untuk mengeksplor bisnis Anda dan bertransaksi di website Anda kapan saja sekalipun hari libur. Tips: Design website Anda sedemikian rupa dengan profesional dan mudah digunakan agar calon customer nyaman berlama-lama di website Anda. Dengan memahami peranan penting website terhadap bisnis Anda, sekarang Anda dapat memilih fitur website yang sesuai dengan tujuan akhir Anda sebelum mempromosikannya.
- Frequently Asked Questions (FAQs) Page FAQs page adalah satu dari sekian halaman dalam website yang Anda harus miliki. FAQs merupakan pertanyaan-pertanyaan yang sering atau pada umumnya ditanyakan oleh prospek atau customer Anda. Anda dapat menaruh pertanyaan dan jawaban yang sering ditanyakan lewat email atau online chat kedalam FAQs page. Hal ini akan menghemat waktu Anda karena Anda tidak harus menjawab pertanyaan yang sama berulang-ulang. Customer juga tidak perlu menunggu Anda menjawab pertanyaan yang diajukan.
- Live Chat Fitur live chat merupakan sebuah guide dalam website bagi orang-orang yang pertama kali mengunjungi website Anda. Secara signifikan, fitur live chat dapat mempermudah akses komunikasi pengunjung website Anda sehingga para pengunjung website menemukan solusi dengan cepat tanpa harus menunggu customer service lewat telepon. Hal ini juga akan memberikan pelayanan Anda kesan fast response.
- Secure Socket Layers (SSL) Jika Anda mengumpulkan data atau informasi lain mengenai pengunjung atau customer di website Anda, Anda harus melindungi koneksi data pengunjung dan informasi lainnya yang bersifat sensitif, seperti data customer dan informasi kartu kredit. SSL merupakan file data yang bekerja untuk mengenkripsi website Anda sehingga data Anda tidak akan terbaca oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Fitur ini merupakan fitur wajib untuk dimiliki semua website. Apabila website Anda tidak dilengkapi dengan SSL, Google akan melabeli website Anda sebagai website “Not Secure”.
- Mobile Responsive Menurut data, pada tahun 2025, 72.6% akses internet lebih banyak dilakukan lewat tablet atau smartphone dibanding komputer desktop . Hal ini berarti banyak orang yang mengakses website lewat smartphone daripada komputer. Ini merupakan alasan mengapa Anda harus merancang website yang memiliki fitur mobile responsive . Yang dimaksud dengan mobile responsive adalah perancangan website yang dapat ditampilkan dengan baik pada device dengan layar yang lebih kecil, misalnya berbagai macam smartphone Android, iPad, atau tablet lainnya. Semakin bertambahnya penggunaan smartphone, market yang Anda dapat juga semakin luas dengan menggunakan fitur mobile responsive pada website Anda.
Setelah Anda melihat fitur pendukung untuk website Anda, ini adalah waktu yang tepat untuk Anda
mempromosikan website Anda. Apa yang bisa Anda lakukan dengan waktu 15 Menit untuk website
Anda? Anda bisa melakukan taktik berikut ini untuk mencobanya.
- Email Salah satu cara termudah dan tercepat untuk menyebarkan berita dari website baru Anda ke orang-orang adalah dengan mengirim email marketing . Buatlah daftar email customer bisnis Anda dan kirimkan email pemberitahuan mengenai website baru Anda secara masal. Maksimalkan email marketing Anda dengan pemilihan bahasa yang dapat menumbuhkan rasa ingin tahu customer terhadap website Anda. Yang tidak kalah penting, tambahkan link website Anda di bagian signature untuk mempermudah customer Anda.
- Media Sosial Selain email , taktik terbaik untuk mempromosikan website Anda adalah dengan menggunakan media sosial. Menurut data dari Statista, diperkirakan terdapat 2,77 miliar pengguna media sosial di seluruh dunia. Hal ini akan sangat menguntungkan untuk mempromosikan website Anda. Anda dapat menaruh link website Anda di dalam media sosial perusahaan atau milik Andapribadi. Anda dapat menjadikan perkembangan atau update terbaru website Anda sebagai konten atau mengulas sedikit informasi yang ada di website Anda di dalam media sosial. Untuk dapat memanfaatkan media sosial secara efektif demi kepentingan promosi website Anda, Anda dapat membuat sebuah akun Hootsuite. Hootsuite adalah sebuah tools layanan pengatur konten gratis yang terintegrasi dengan berbagai media sosial, seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dan lain-lain. Tools ini memberikan Anda kebebasan untuk menjadwalkan posting konten dan menganalisis progres dan konten yang Anda upload di media sosial. Dengan tools ini, buatlah beberapa pesan untuk mempromosikan website Anda dan atur waktu untuk masing-masing pesan untuk di- posting di semua media sosial Anda.
- Facebook Ads Sebagai media sosial yang paling digandrungi saat ini, beriklan di Facebook ditargetkan dapat secara efektif meningkatkan website traffic Anda. Facebook Ads memiliki salah satu fitur yaitu Custom Audiences yang dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan website Anda. Custom Audience adalah fitur yang memberikan Anda kebebasan untuk memilih sendiri audience yang ingin Anda tuju untuk mengiklankan produk atau jasa. Data audience tersebut bisa berasal dari database yang Anda miliki, pixel website , atau data iklan yang telah dijalankan sebelumnya. Dengan fitur ini, Anda dapat mempromosikan website Anda kepada customer yang sebelumnya sudah tahu mengenai produk atau jasa Anda, atau yang pernah memberikan like pada unggahan Anda.
- Google Ads Google Ads adalah platform periklanan yang dimiliki Google. Keuntungan dalam memakai Google Ads adalah website yang akan Anda iklankan akan secara otomatis tampil di halaman Google. Dalam menargetkan audience untuk melihat website Anda, Google Ads menggunakan keyword , topik, lokasi, hingga waktu yang dapat Anda tentukan sendiri.
Custom Mailer
Manfaatkan database email customer untuk mempromosikan website Anda. Gunakan email untuk mengirim pemberitahuan berupa direct mail atau flyer seputar website Anda. Tipsnya adalah Anda bisa menyertakan diskon kecil untuk mendorong terjadinya repeat purchase yang bisa dipakai di website Anda. Dalam penulisan pesan ini, Anda harus membuat customer Anda merasa bagian dari bisnis Anda dan mendapatkan penawaran eksklusif.
Brosur
Di era digital marketing seperti sekarang ini, penggunaan brosur pastinya akan terasa kuno. Tetapi, siapa sangka bahwa brosur malah dapat membantu promosi website Anda. Jika Anda memiliki bisnis penjualan produk fisik dan memanfaatkan sistem shipping di dalamnya, Anda dapat menggunakan brosur untuk mengumumkan peluncuran website Anda. Ketika mengirimkan produk fisik Anda, selipkan brosur atau iklan lain yang menginformasikan tentang adanya website Anda di dalam kotak atau di produk yang dibeli oleh customer Anda. Tips: Jika website baru Anda adalah termasuk jenis e-commerce , yang berarti orang dapat melakukan pembelian melalui website Anda, Anda dapat memberikan diskon untuk mendorong repeat purchase .
Chapter 5: Praktikkan!
Sekarang, Anda telah mengetahui fitur pendukung dan bagaimana cara mempromosikan website baru Anda. Praktikkan langsung pengetahuan yang Anda dapat dari artikel ini. Anda sudah mendapat ide bukan? Mungkin awalnya tidak berjalan mulus. Tetapi dengan terus berusaha dan mau belajar, Anda akan mendapatkan hasil akhir yang memuaskan!
Selamat mencoba!
Comments
Post a Comment